Header Ads Widget

Hari Tani Nasional di Parangjoro Tahun 2021


Menyambut momentum Hari Tani Nasional, Explore Parangjoro bersama ISI Surakarta menyelenggarakan Festival Tani Daring pada Jumat, 24 September 2021.

Diungkapkan Adik Wibowo selaku tim penggerak Eksplore Parangjoro, pertunjukan tani secara online ini bertujuan untuk membangun kesadaran pentingnya adaptasi petani dengan teknologi komunikasi.

Ia menambahkan, perubahan teknologi komunikasi dan teknologi informasi menjadi salah satu tantangan bagi petani dan juga penyuluh pertanian lapangan dalam menjalankan tugas.

Festival Tani Daring diawali dengan perlombaan Fotografi, mengangkat tema pertanian dan industri tahu Parangjoro.

Penggarapan Tari, Karawitan, dan Artistic Panggung Pertunjukan didampingi ISI Surakarta melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat.

Darno, S.Sen., M.Sn selaku Dosen Karawitan dan pendamping pengrawit desa menyampaikan program ini mendorong terciptanya kreasi seni desa dengan tetap memperhatikan potensi seni yang dimiliki.

“Kami akan mendukung program-program pengembangan desa melalui seni tradisi, bahkan tidak menutup kemungkinan di masa depan akan ada festival musik bambu di desa ini mengingat kekayaan bambu disini cukup melimpah,” katanya.

Anggono Kusumo Wibowo, S.Sn., M.Sn, Dosen Tari dan sekaligus sebagai pendamping tari menyampaikan jika ke depan penari-penari desa dapat dilatih secara berkelanjutan, sehingga mereka dapat melakukan pertunjukan di sudut-sudut desa, untuk merespon ruang.

Baca Juga: LDII Kabupaten Semarang Dukung Percepatan Penanganan Covid-19, Beri Edukasi dan Sosialisasi

Sutriyanto, S.Sn., MA Dosen Kriya Seni, dan sekaligus pendamping visual artistik desa menyampaikan jika Desa Parangjoro menyimpan potensi, kami akan memberikan dukungan bagi pengembangan desa di bidang seni visual.

Acara pembukaan dimeriahkan penampilan Hadrah Miftakhul Jannah Desa Parangjoro, dan dihadiri Sekertaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo, Perwakilan Camat Grogol, dan Kepala Desa Parangjoro.



Sekertaris Dinas Pertanian dan Perikanan Ir. Diyah Rilawati, M.Si. menyambut baik kegiatan ini, dan berharap akan ada kegiatan-kegiatan sejenis yang dapat memberikan inspirasi bagi para petani.

Kepala Desa Parangjoro, Hardiman, S.H menyampaikan jika kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang diselenggarakan di Desa Parangjoro, diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut sehingga dapat mendorong semangat para petani.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo Bagas Windaryatno, SP mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada generasi mileneal yang masih eksis untuk nguri-uri budaya dan pertanian.

Reposted from Andika Primasiwi - Senin, 27 September 2021





Kegiatan Hari Tani

Post a Comment

0 Comments