Header Ads Widget

Forum BUMDesa Kecamatan Grorol

BUMDesa Se Kecamatan Grogol

1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6

Pendopo Kecamatan Grogol
Praktek Aplikasi Jurnal
BUMDesa Parangjoro
Kasi PMD Kecamatan

Peningkatan Kapasitas Administrasi BUMdesa Se Kecamatan Grogol

9/04/2021 - Hari Jum'at kegiatan Peningkatan Kapasitas Administrasi Pengelolaan Keuangan BUMdesa berjalan dengan lancar. BUMDesa dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Grogol hadir kecuali dari Desa Madegondo dikarenakan BUMDesanya belum terbentuk. Setiap BUMDesa diwakili direktur dan bendahara.

Dalam materi yang disampaikan oleh Wasono Joko Raharjo S.E selaku pemateri kegiatan, BUMDesa harus memiliki rencana dan rancangan yang dilanjut dengan tindakan (action). Usaha tanpa ada rancangan/ rencana adalah kurang terarah. Ada rencana tanpa tindakan adalah omong kosong. Kembali disampaikan bahwa BUMDesa harus mampu melakukan bentuk usaha yang selain mendatangkan profit (profitable) juga memberi nilai manfaat sosial (ibadah).

Peningkatan kapasitas tentang tata kelola administrasi ini bersifat belajar bersama. Pembukuan itu adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap BUMDesa. Setiap detail transaksi yang dibukukan adalah bentuk profesionalisme pengurus yang akhirnya segala kegiatan menjadi transparan dan akuntabel.

Meski belum terdapat bentuk usaha ataupun belum adanya traksaksi di tubuh BUMDesa, sistem tata kelola penting, bila perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Sehingga nilai harta, utang, modal, pendapatan, biaya terdata. Ketika usaha sudah dimulai tinggal diaplikasikan sistem pembukuan, sehingga transparan untuk pertanggungjawaban.

Selain peningkatan kapasitas tata kelola administrasi, pada kesempatan hari itu, Forum BUMDesa Kecamatan Grogol terbentuk, adapun sebagai pengurus Forum BUMDesa adalah sebagai berikut;

  1. Ketua : Teguh Widodo (Direktur BUMDesa Banaran)
  2. Sekretaris : Ari Wibowo (Direktur BUMDesa Sanggrahan)
  3. Bendahara : Rema Yulianti (Bendahara BUMDesa Kadokan)

Adapun Forum BUMDesa Kecamatan Grogol ini juga terdapat pendamping antara lain Wasono Joko Raharjo, S.E (Pakar BUMDesa Kabupaten Sukoharjo) Hari Bagiyanti SW. S.H Kasi PMD Kecamatan Grogol dan PD & PLD Kecamatan Grogol.

Diharapkan adanya FORUM BUMDesa Kecamatan Grogol memberi manfaat, dan memberi nilai tambah terhadap kegiatan usaha. "Maju BUMDesanya, Maju Desanya, Maju Rakyatnya", demikian sebuah kalimat yang menjadi harapan pemateri saat terakhir sesi inti.

Ketua FORUM BUMDesa Kecamatan Grogol - Teguh Widodo (Direktur BUMDesa Banaran) mengundang kepada segenap anggota FORUM BUMDesa ke Desa Banaran untuk mengawali acara silaturahim dan berbagi pengalaman, yang kemudian akan ada kegiatan anjang sana sehingga antar BUMDesa di Kecamatan Grogol semakin akrab satu sama lain dan bisa bersinergi untuk memajukan Desanya masing-masing.

Menempati ruangan pendopo Kecamatan Grogol, kegiatan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Administrasi diakhiri jam 17:00.

Post a Comment

0 Comments