Header Ads Widget

Qurban Singkil Parangjoro

Kegiatan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh bersamaan diseluruh nusantara pada 11 Agustus 2019 tak luput dari perhatian segenap warga di penjuru wilayah Parangjoro. Explore Parangjoro kali ini mendapat kesempatan untuk mengabadikan sedikit momen di wilayah RT 03 RW 08 Singkil Parangjoro. Kegiatan sholat Idul Adha digelar di halaman SD Parangjoro 1 untuk wilayah Singkil dan Jebagan. 


Imam dan Khotib "Ustadz Hasan Alim" menyampaikan tentang seluk beluk Idul Adha, dan menegaskan bahwa "mari kita dengan semangat memaknai kesempatan Idul Qurban, dimana pada hari yang demikian Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Juga dalam kesempatan, khotib menyampaikan sisi histori dari perayaan Idul Adha, maka pikiran atau di lubuk hati yang paling dalam kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim.

Setelah kegiatan Sholat Berjama'ah di Halam SD Parangjoro 1, masing-masing warga yang sudah sepakat menggelar kegiatan penyembelihan qurban segera bekerjasama dalam proses penyembelihan berikut membagi-bagikan daging qurban.

Terdapat 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk hewan qurban di RT 3 RW 8, Singkil - Parangjoro dengan jumlah peserta qurban 21 orang. Untuk penerima daging qurban selain peserta qurban terdapat sekitar 31 warga dan 22 non warga yang berdomisili di RT 3 RW 8, dan beberapa jatah proposal selektif yang mendapatkan daging qurban.

Bapak Abu Sholeh selaku personil yang menyembelih sangat antusias dengan semangat warga yang tengah menggelar kegiatan. Kurang lebih jam 08:15 pagi, 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing berhasil dipotong dan segera dikerjakan oleh panitia dibantu segenap warga.

3 ekor sapi mendapatkan jumlah daging sekitar 332, 5 kg.

Kegiatan Idul Adha yang setiap tahunnya diadakan, akhirnya menjadi pembelajaran tersendiri untuk sisi organisasi kemasyarakatan yang berlangsung di wilayah Parangjoro. Demikian sekilas berita kegiatan Qurban di wilayah Sinkil Parangjoro yang Explore Parangjoro dapat tulis.

Mari konstribusikan dokumentasi, gambar, link atau info seputar parangjoro, jika berkenan, dengan mengirimkan email ke : desaparangjoro@gmail.com / DM ke insta @parangjoro. Denganya semoga kita ikut andil dalam mengawal Parangjoro Maju. 

Post a Comment

0 Comments