Header Ads Widget

Banjarmlati Parangjoro Memasak

Kegiatan Lomba Masak di wilayah Banjarmlati RT 1, RW 2 Parangjoro. Banjarmlati adalah wilayah paling selatan Parangjoro yang berdampingan dengan kelurahan Sonorejo. Centra Industri Tahu Parangjoro di wilayah ini sangat terkenal, bahkan banyak perantau-perantau yang sukses menggeluti industri tahu. Seperti di daerah pasar Gotong Royong misalnya. Banyak perantau dari Parangjoro disana memproduksi tahu, khas Tahu Parangjoro. 

Tahu yang diproduksi secara turun-temurun oleh banyak warga Parangjoro sisi Selatan merupakan tahu pada umumnya, yaitu gumpalan protein kedelai yang terikat oleh asam sejenis cuka. 


Akan dibersihkan hingga bersih semua kedelai yang nantinya akan produksi, lalu direndam air selama 3 jam. Ada beberapa orang yang merendamnya hinga diatas 5 jam. Kemudian proses berikutnya adalah dengan menggiling, menambah air, menambah asam cuka lalu mencetakknya. 


Kesempatan kali ini, Explore Parangjoro dapat kiriman gambar dari Riyadi Amd, yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Seksi Kesejahteraan Dan Pelayanan, yang kebetulan tinggal di daerah Banjarmlati. kegiatan lomba masak dari wilayah RT 1 RW 1 Banjarmlati - parangjoro, lain kali akan seru juga ya apabila bahan masakan adalah dari bahan makanan tahu. Selain untuk mengangkat potensi industri juga untuk mengangkat ikon tahu yang menjadi kebanggaan Parangjoro. 

Post a Comment

0 Comments