Header Ads Widget

FORKAM Parangjoro

FORKAM (Forum Komunikasi Antar Masjid), sebuah forum yang diinisiasi generasi 80-an  pada saat itu bersama takmir masjid se desa Parangjoro dari dukuh Banjarmlati, sampai dukuh Curidan berkumpul di masjid At Taqwa Menur. Dengan tekad yang sama 9 masjid dan mushola saat itu sepakat menjalin silaturahim antar takmir dan jama'ah. 

Masjid At Taqwa Menur Parangjoro
Saat ini mungkin karena pemekaran wilayah Parangjoro yang jumlah RT dan kampungnya semakin banyak tentunya jumlah tempat ibadahnya juga semakin luas. Puji syukur Alhamdulillah FORKAM desa Parangjoro masih eksis berjalan dengan baik.
Kegiatan apa yg pernah dilakukan? Ternyata berawal dari sebuah silaturahim hampir setiap hari raya Islam sering mengadakan kegiatan keagamaan. Sebagai ketua pertama dahulu Bp. Sriyono, S.Pd, wakil ketua Bp. Sumadi S.Ag, Sekretaris Sdr. Suratman dan sdr. Eko Yulianto. Bendahara bo. Mudo Sujanto. Pada saat awal berdiri kegiatan kelihatan sekali pada saat bulan Romadhon, dimana saling tukar ilmu dan saling memberi kultum dan santapan rohani secara bergantian berkeliling. Oleh karena itu maka jalinan keakraban semakin rekat. Ukhuwah islamiyah yang menjadikan tujuan utama. Tanpa membedakan ormas dan golongan, bersama FORKAM Parangjoro menjadi perekat kerukunan. 

Dalam perayaan hari raya islam terutama Idul Fitri dan Idul Adha juga terselenggara dengan baik. Kajian rutin senantiasa dilakukan dengan anjang sana antar masjid atau mushola.

Dalam.perjalanannya Forkam mengalami regenerasi. Saat ini ketua Forkam diamanahkan kepada Bp. Margono dari dukuh Parangjoro. Masih teringat Forkam pernah mengadakan pengajian Akbar dengan pembicara ustadz Abdul Azis mantan pendeta hindu. Seiring berjalannya waktu sdh banyak sekali agenda-agenda pengajian akbar yg berhasil dilaksanakn dengan baik.

Kedepan semoga FORKAM Desa Parangjoro menjadi pilar perekat kerukunan di wilayah Desa Parangjoro.

Post a Comment

0 Comments